Diet pada pasien leukemia

Minta pasien untuk mengingatkan perawat bila ada rembesan darah dari gusih. Berdasarkan diagnosa yang ada maka dapat disusun rencana keperawatan sebagai berikut Wong,D. Penelitian terkait asam folat dengan perkembangan kanker belum sepenuhnya jelas. Resiko infeksi berhubungan dengan menurunnya sistem pertahanan tubuh Resiko terhadap cedera: Juga terjadi proliferasi di hati, limpa dan nodus limfatikus, dan invasi organ non hematologis, seperti meninges, traktus gastrointesinal, ginjal dan kulit.

Lingkungan Pekerjaan Banyak penelitian menyatakan adanya hubungan antara pajanan pekerjaan dengan kejadian leukemia. Inspeksi diet pada pasien leukemia unutk nyeri tekan, area eritematosus; luka terbuka. Eritrosit berfungsi sebagai pengikat oksigen dari paru-paru lalu diedarkan keseluruh tubuh dan mengikat CO2 dari jaringan tubuh lalu dikeluarkan malalui paru-paru.

Alih bahasa Agung Waluyo, dkk. Evaluasi turgor kulit, pengisian kapiler dan kondisi membran mukosa. L Pertahankan masukan cairan adekuate. Tingkatkan kebersihan perianal. Ada beberapa efek potensial dari keganasan terhadap status gizi klien antara lain meliputi: Nadi perifer kuat terpalpasif.

Patient care Standards: Komplikasi Leukemia granulositik kronik LGK dapat menyebabkan berbagai komplikasi, diantaranya yaitu: Sel kanker ibarat suatu parasit dalam tubuh, ia akan menyedot dan menggunakan zat — zat gizi yang seharusnya untuk kebutuhan tubuh secara normal.

Berikan kebersihan mulut sebelum makan dan berikan antiemetik sesuai indikasig. Terapi irradiasi kranial dilakukan hanya pada pasien leukemia yang mengalami gangguan sistem saraf pusat.

Diet bagi Penderita Leukemia

Manifestasi klinis pasien tidak menunjukkan gejala, baru terdiagnosa saat pemeriksaan fisik atau penanganan penyakit lain. Rasa sakit pain. Merupakan leukemia nonlimfositik yang paling sering terjadi.

Jadwalkan makan sekitar kemoterapi. Diet Leukemia Berdasarkan penjelasan diatas, diketahui bahwa kanker darah pun bisa menyebabkan berbagai gangguan lain, baik anemia hingga asam urat, sehingga pada intervensi gizi yang hendak direncanakan bagi penderita kanker darah ini tidak semata — mata hanya mementingkan kondisi kankernya saja, namun juga mempertimbangkan adanya kemungkinan efek lain yang akan timbul terkait penyakit tersebut.

Kaji adanya tanda-tanda trombositopenia: Translokasi kromosom mengganggu pengendalian normal dari pembelahan sel, sehingga sel membelah tidak terkendali dan menjadi ganas. Kaji kulit untuk rasa dingin, pucat, kelambatan pengisian kapilerc. Refractory anemia with excess blasts-1 RAEB-1 5.

Jumlah normalnya Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, sebagian besar kasus berasal dari rumah tangga dan kelompok petani.

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Acute lymphocytic leukemia (ALL)

Semua jenis sel darah dalam hematopoiesis myeloid dapat terlibat, termasuk eritrosit, granulosit, dan baris sel megakaryocytic. Merupakan leukemia nonlimfositik yang paling sering terjadi. Anak tidak mengalami gejala-gejala infeksi. Folate deficiency delays the onset but increases the incidence of leukemia in Friend virus-infected mice.

Depresi sumsum tulang yang akan berdampak pada penurunan lekosit, eritrosit, faktor pembekuan dan peningkatan tekanan jaringan. Gejala lain yaitu hilangnya nafsu makan dan penurunan kemampuan latihan atau olahraga. Peningkatan toleransi aktivitas yang dapat diukurb.

Darah berfungsi sebagai alat pengangkut dan sebagai pertahanan tubuh serta penyebar panas keseluruh tubuh. Apa, jika ada, yang tampaknya memperbaiki gejala-gejala ini?Penurunan jumlah trombosit dalam darah (trombositopenia) pada keadaan Leukemia dapat mengganggu proses hemostasis.

Keadaan ini dapat menyebabkan pasien mengalami epistaksis, pendarahan dari gusi, ptechiae, dan hematom. Rasa sakit (pain). Rasa sakit pada leukemia dapat timbul dari tulang atau sendi. Keadaan ini disebabkan oleh ekspansi sum-sum tulang dengan leukosit abnormal yang.

Bagi pasien dengan leukemia limfositik kronis, jenis terapi biologi yang digunakan adalah antibodi monoklonal yang akan mengikatkan diri pada sel-sel leukemia.

Terapi ini memungkinkan sistem kekebalan untuk membunuh sel-sel leukemia di dalam darah dan sumsum tulang. Bagi penderita dengan leukemia myeloid kronis, terapi biologi yang digunakan adalah bahan alami bernama Author: Vie_Vien Nano-Nano.

· ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN LEUKEMIA A. PENGERTIAN Leukemia adalah neoplasma akut atau kronis dari sel-sel pembentuk darah dalam sumsum tulang dan limfa nadi (Reeves, ).

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Acute lymphocytic leukemia (ALL) Hai teman-teman semuanya, berikut ini kami update materi mengenai askep pada pasien dengan kasus ALL atau Acute lymphocytic leukemia atau bisa juga Leukemia limfositik criativabrasilia.com: UKOM Indonesia.

Leukemia adalah suatu keganasan pada alat pembuat sel darah berupa proliferasio patologis sel hemopoetik muda yang ditandai oleh adanya kegagalan sum-sum tulang dalam membentuk sel darah normal dan adanya infiltrasi ke jaringan tubuh yang criativabrasilia.com: Salni.

Pada keadaan leukemia terjadi proliferasi sel leukosit yang abnormal, ganas, sering disertai bentuk leukosit yang lain daripada normal, jumlahnya berlebihan dan dapat menyebabkan anemia, trombositopenia, dan diakhiri dengan kematian (Ngastiyah, ).

Diet pada pasien leukemia
Rated 0/5 based on 59 review