Hubungan metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh manusia pdf

Indeks Glikemi Pangan. Sediaoetama, A. UDP-glukosa yang dihasilkan, dibebaskan dalam bentuk glukosa 1-fosfat reaksi 4. Pada hewan memamah biak, asam propionat merupakan bahan utama untuk glukoneogenesis.

Asam laktat di dalam sitoplasma diubah menjadi asam piruvat, kemudian asam piruvat masuk ke dalam mitokhondria dan diubah menjadi oksaloasetat. Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam tubuh dan analog dengan amilum pada tumbuhan.

Senyawa — senyawa organik hasil siklus krebs akan mengalami transaminasi yaitu pemindahan gugus amina pada senyawa organik lain. Penyakit Degeneratif. Gejala ini disebut glukosuria yaitu keadaan ketidakmampuan ginjal untuk menyerap kembali glukosa yang telah mengalami filtrasi melalui sel tubuh.

Suatu penyakit yang dapat diturunkan menyebabkan galaktosemia, mungkin terjadi akibat kekurangan enzim-enzim pada reaksi 12 dan 3. Sebaliknya bila kadar glukosa menurun, misalnya akibat latihan olahraga, glikogern diuraikan menjadi glukosa yang selanjutnya mengalami proses katabolisme menghasilkan energi dalam bentuk energi kimia, ATP yang dibutuhkan oleh kegiatan olahraga tersebut Kadar glukosa dalam darah merupakan faktor yang sangat penting untuk kelancaran kerja tubuh.

Semakin rendah asupan Serat, maka semakin tinggi Kadar Kolesterol total. Piruvat karboksilase Fruktosa 1,6-bisfosfatase tidak ada dalam otot jantung dan otot polos Glukosa 6-fosfatase Dalam keadaan puasa, enzim piruvat karboksilase dan enzim fosfoenolpiruvat karboksikinase sintesisnya meningkat.

Dari penjelasan itu dapat disimpulkan jika kita makan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak akan lebih memberikan rasa kenyang jika dibandingkan dengan protein dan karbohidrat.

Hubungan Metabolisme Karbohidrat Lemak Dan Protein Pdf

Setelah jam puasa, hampir semua simpanan glikogen hati terkuras. Trigliserida yang meningkat dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah Suiraoka, Dengan adanya oksigen dalam suasana aerobglikolisis menghasilkan piruvat, atau tanpa oksigen glikolisis anaerob menghasilkan laktat.

Hal ini sesuai dengan penelitian Astuti, yang menyatakan tidak terdapat hubungan antara asupan lemak total dengan kadar trigliserida dan kolesterol. Respirasi dalam arti yang lebih khusus adalah prosesproses penguraian glukosa dengan menggunakan O2, menghasilkan CO2, H2O, dan energi dalam bentuk energy kimia, ATP Proses Respirasi yang berjalan secara Aerob meliputi 3 langkah yaitu Glikosis, Daur Krebs: Pada molekul karbohidrat perbandingan C: Sebaliknya, jika banyak kegiatan maka banyak energi untuk kontraksi otot sehingga kadar glukosa dalam darah menurun Dalam hal ini, glikogen akan diuraikan menjadi glukosa yang selanjutnya mengalami katabolisme menghasilkan energi dalam bentuk energi kimia, ATP.Tidak ada hubungan makin tinggi asupan Karbohidrat dan Lemak, maka makin tinggi Kadar Glukosa dan Kadar Krigliserida Darah.

5.

HUBUNGAN ASUPAN KARBOHIDRAT, LEMAK, DAN SERAT DENGAN KADAR

Semakin tinggi asupan Serat semakin rendah Kadar Glukosa dan Trigliserida Darah. Titik temu dari berbagai jalur metabolisme ini berguna untuk saling menggantikan “bahan bakar” di dalam sel, Hasil katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak juga bermanfaat untuk menghasilkan senyawa-senyawa lain yaitu dapat membentuk ATP, hormon.

Pada metabolisme karbohidrat pada manusia dan hewan secara umum, setelah melalui dinding usus halus sebagian besar monosakarida dibawa oleh aliran darah ke hati. Di dalam hati, monosakarida mengalami sintesis menghasilkan glikogen, oksidasi menjadi CO 2 dan H 2O atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah kebagian tubuh yang memerlukannya sebagaimana digambarkan sbb.

Hubungan Metabolisme Karbohidrat Lemak Dan Protein Pdf. Kebutuhan pokok semua mahluk hidup; manusia, hewan dan tumbuhan untuk pertumbuhannya adalah makan dan minum, tanpa ini. Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam tubuh dan analog dengan amilum pada tumbuhan.

Glikogen terdapat didalam hati (sampai 6%) dan otot jarang melampaui jumlah 1%.Author: Admincmm. Mendeskripsikan hubungan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein. A. Pendahuluan. Tubuh makhluk hidup layaknya sebuah mesin, memiliki alat-alat spesifik untuk melakukan kinerja yang spesifik pula.

Rutinitas makhluk hidup membutuhkan sejumlah energi yang dijadikan bahan baku utama sebagai penggeraknya. Energi yang dibutuhkan tersebut diperoleh dari dalam tubuh .

Hubungan metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh manusia pdf
Rated 5/5 based on 83 review