Katabolisme lipid

Bahkan ada beberapa hewan yang menggunakan lemak sebagai cadangan ketika sumber energy utama sudah habis. Selanjutnya kilomikron ditransportasikan melalui pembuluh limfe dan bermuara pada vena kava, sehingga bersatu dengan sirkulasi darah.

Proses Metabolisme pada Tumbuhan (Fisiologis Tumbuhan)

Karbohidrat mempunyai tiga unsur, yaitu karbon, hydrogen dan oksigen. Melalui jalur-jalur tersebut, satu gram lemak memberikan ATP menjadi lebih banyak dari pada protein dan karbohidrat.

Sedangkan jumlah katabolisme lipid yang dihasilkan protein setara dengan jumlah yang dihasilkan karbohidrat dalam berat yang sama. Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energy utamanya ialah berasal dari lipid netral yakni trigliserid. Identitas sel, berikatan dengan protein atau lipid dan berfungsi dalam proses pengenalan antar sel.

Gliserol dalam glikolisis akan diubah kembali menjadi dihidroksi aseton fosfat. Lipid adalah nama suatu golongan senyawa organik yang meliputi sejumlah senyawa yang terdapat di alam yang semuanya dapat larut dalam pelarut-pelarut organik.

Lemak yang akan dibicarakan disini adalah lemak netral yang merupakan ester dari gliserol dan asam lemak. Hal ini merujuk ke banyaknya struktur helix-aa atau lembaran berlipatan-B setempat yang berhubungan dengan struktur protein secara keseluruhan.

Gliserol dapat diubah menjadi gliseraldehid fosfat dalam siklus glikolisis lihat gambar. Proses yang terjadi di dalam siklus urea digambarkan terdiri atas beberapa tahap yaitu: Lipoprotein Lipoprotein merupakan gabungan antara lipid dengan protein.

Pembentukan gumpalan dapat menyebabkan infark miokard dan stroke. Hal ini merujuk ke banyaknya struktur helix-aa atau lembaran berlipatan-B setempat yang berhubungan dengan struktur protein secara keseluruhan.

Enzim yang mengkatalisis dalam tahap ini adalah dehidrogenase gliseraldehida fosfat. Tetapi, dihidroksi aseton fosfat dapat dengan cepat dan dalam reaksi dapat balik, berubah menjadi gliseraldehidfosfat oleh enzim isomerase triosa fosfat.

Reaksi kondensasi antara gugus karboksil dengan gugus alcohol dari gliserol akan membentuk gliserida, tergantung dari jumlah asam lemak dari gugus alkohol yang membentuk raeksi kondensasi. Kerangka-kerangka karbon hasil pemecahan asam amino tersebut akan masuk ke siklus glikolisis, siklus Krebs dan dihasilkan jumlah energi yang setara dengan katabolisme karbohidrat.

Karena rasa kenyang tersebut disebabkan oleh kemampuan metabolisme lemak untuk menghasilkan energi yang lebih besar. Karena larut dalam air, gliserol masuk sirkulasi portal vena porta menuju hati.

Selanjutnya kilomikron ajan di kirim vena kava melalui pembuluh limfe yang bersatu dengan siklus darah. Ester asam lemak dengan gliserol. Selanjutnya sebagaimana asetil KoA dari hasil metabolisme karbohidrat dan protein, asetil KoA dari jalur inipun akan masuk ke dalam siklus asam sitrat sehingga dihasilkan energi.

Pengertian Metabolisme Lipid Serta Proses Maupun Fungsinya

· 1. Katabolisme Lipid (Lemak) Lipid (lemak) terdapat dalam semua bagian tubuh manusia terutama dalam otak. Lipid (lemak) mempunyai peran yang 4/5. · Ikhtisar metabolisme lipid. Metabolisme gliserol. Gliserol sebagai hasil hidrolisis lipid (trigliserida) dapat menjadi sumber energi.

Gliserol ini selanjutnya masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis. · Contoh katabolisme adalah respirasi sel, yaitu proses penguraian bahan makanan yang bertujuan menghasilkan energi.

Sebagai bahan baku respirasi adalah karbohidrat, asam lemak, dan asam amino dan sebagai hasilnya adalah CO 2 (karbon dioksida, air dan energi). Lipid mengacu pada golongan senyawa hidrokarbon alifatik nonpolar dan hidrofobik.

Karena nonpolar, seperti alkohol, eter, atau kloroform. Fungsi biologis terpenting lipid diantaranya untuk menyimpan energi, sebagai komponen struktural membran sel, dan sebagai pensinyalan molekul. Identitas sel, berikatan dengan protein atau lipid dan berfungsi dalam proses pengenalan antar sel.

Pengertian Metabolisme Lipid Serta Fungsi dan Proses yang Terjadi

Proses Katabolisme Karbohidrat Pada Proses katabolisme karbohidrat, sering disebut dengan glikolisis yaitu proses degradasi. Proses katabolisme yang terjadi pada tumbuhan yaitu proses glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, dan transpor elektron (fosforilasi oksidatif). Glikolisis yaitu proses pemecahan molekul glukosa menjadi 2 asam piruvat, dan proses glikolisis ini berlangsung di sitosol/sitoplasma/protoplasma.

Katabolisme lipid
Rated 4/5 based on 3 review